Pembinaan Keorganisasian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Karyawan dan Seluruh Pengurus Santri oleh Pengasuh Pondok Pesantren AL IHYA Ngaliyan Semarang

Pondok Pesantren AL IHYA Semarang, 16 Maret 2024.

Berjalan lancar atau tidaknya suatu Lembaga, tercapai atau tidaknya tujuan organisasi dan lembaga tentu sangat dipengaruhi oleh adanya koordinasi  dan kekompakan dari seluruh elemen dan anggota organisasi. Untuk tercapainya hal tersebut tentu membutuhkan kesamaan visi misi dan pemahaman yang baik terhadap setiap tupoksi yang dimiliki oleh setiap karyawan dan anggota organisasi. Pada Hari Sabtu, 16 Maret 2024, pukul 09.00, Pondok Pesantren AL IHYA Semarang telah mengadakan pembinaan keorganisasian dan training pengembangan Sumber Daya Manusia untuk para karyawan dan seluruh pengurus santri Pondok Pesantren Al Ihya Ngaliyan Semarang di Aula Ponpes.

 

Pembinaan keorganisasian dan training ini diberikan langsung Oleh Pengasuh Pondok Pesantren AL IHYA Ngaliyan Semarang yaitu Ibu Nyai Dr. Nikmah Rochmawati Musyafiq, M. Si. Acara dibuka dengan doa oleh Abah Yai Dr. Ahmad Musyafiq, M. Ag. Adapun peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara ini adalah Supervisor Admin, Keuangan dan Unit Bisnis, Sekretaris Direktur, Devisi Lazis AL IHYA, Humas, Santri&Academic Affairs Departments, Co Pendamping, Wakil Co Pendamping, Staff Keuangan, Karyawan Market AL IHYA, Pos Satpam, Chef dan tim Pantry, Staff Oprasional Catering Putra, Lurah dan Wakil Lurah Ponpes Putra, Lurah dan Wakil Lurah Ponpes Putri, Pengurus Santri Putra, Pengurus Santri Putri, dan Koordinator Kamar Santri Putra dan Putri. 

 

Dalam Pembinaan Keorganisasian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Karyawan dan Seluruh Pengurus Santri ini, Ibu Nyai rahma Musyafiq, panggilan akrab dari Ibu Nyai Dr. Nikmah Rochmawati Musyafiq, M.Si. tidak hanya menjelaskan alur dan struktur organisasi Pondok Pesantren AL IHYA Ngaliyan Semarang, namun juga memberikan pencerahan terkait karakter inti dari SDM yang berkualitas dan handal. Dalam training ini, beliau menjelaskan bahwa kunci dari karakter SDM yang berkualiatas adalah dimulai dari sifat sidiq. Ketika seseorang bisa sidiq, pasti bisa Amanah. Ketika orang bisa amanah, orang tersebut akan bisa tabligh sesuai dengan tupoksi dan aturan. Setelah itu, terakhir fathonah (cerdas, yang didalamnya termasuk kreatif, inovatif). Orang yang cerdas akan dapat mencetak goal (tujuan) yang pada akhirnya dapat mencetak prestasi. Namun apalah artinya fathonah jika tidak jujur. Orang yang jujur dan Amanah, akan bisa kreatif, iinovatif dan dapat menjelaskan tupoksinya dengan baik, karena ada keinginan untuk selalu belajar sebagai bentuk tanggung jawab (amanah) yang diembannya. Setelah seseorang dapat berlaku sidiq, amanah, tabligh dan fathonah, turunan sifat selanjutnya adalah orang itu pasti akan patuh, setia, dan loyal. Sifat patuh adalah melaksanakan semua perintah atasan atau figur yang punya otoritas dengan setulus hati tanpa pemberontakan. Sehingga turunan sifat berikutnya adalah qonaah. Kenapa harus qonaah? Ibu Nyai menyebutnya adalah untuk rohatal qolbi, yaitu agar tercipta rileksnya hati, yaitu bahagia. Orang yang qonaah itu pasti bisa bahagia, karena tidak menginginkan hal yang neko-neko. Setelah semua sifat inti dan turunannya sudah dimiliki oleh masing-masing karyawan dan pengurus, selanjutnya adalah bergandeng tangan dengan divisi yang lain sebagai tim yang solid agar akar organisasi semakin kuat dan jalinan silaturrahim semakin bagus.

 

Setelah pembinaan tersebut, beliau, Ibu Nyai Rahma Musyafiq selaku Pengasuh Pondok Pesantren AL IHYA juga menambahkan agar semua pihak yang ada dalam struktur organisasi Pondok Pesantren AL IHYA ini bisa saling berkoordinasi, bekerja sama, dan saling berpegangan erat satu sama lain dalam artian bisa bekerja sama dan menjadi suatu tim yang solid untuk menjadikan Pondok Pesantren AL IHYA Ngaliyan Semarang menjadi semakin baik, maju, dan mampu mencetak Generasi yang cerdas Spiritual, Emosi, Sosial, dan Intelektual yang Bermanfaat untuk sesama dalam rangka mencari ridlo Ilahi.

 

Setelah selesai Pembinaan keorganisasian dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Karyawan dan Seluruh Pengurus Santri Pondok Pesantren AL IHYA ditutup dengan do'a, yang dipimpin oleh Abah Yai Dr. Ahmad Musyafiq, M.Ag, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan Pengasuh. 

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini